Manfaat Penting Media Sosial


Saya menggunakan media sosial - banyak. Saya tidak hanya menggunakannya untuk diri saya sendiri untuk menjaga hubungan pribadi dengan teman, keluarga, klien, kolega dan kenalan lama, saya juga menggunakannya untuk mempromosikan bisnis saya dan klien saya. Manfaat media sosial untuk kehidupan pribadi dan bisnis saya jelas bagi saya. Tetapi saya menemukan ketika saya berbicara dengan beberapa komunitas bisnis kecil bahwa mereka tidak menyadari banyak manfaat media sosial atau menjual keefektifannya.


Jadi saya memutuskan untuk melakukan sedikit riset dan menulis beberapa artikel yang menyajikan manfaat media sosial. Berikut adalah artikel terbaru dari SMM Panel Indonesia saya yang mencantumkan apa yang saya yakini sebagai 10 manfaat teratas media sosial.


Kesadaran


Manfaat utama pertama dari media sosial adalah membawa kesadaran. Ini adalah cara murah untuk mendapatkan nama Anda atau nama organisasi Anda di web dan ke dalam benak pelanggan, pelanggan, dan prospek. Siapa pun dapat membuat akun di Facebook, Twitter, LinkedIn, Merchant Circle, Plaxo, dan lusinan situs lainnya secara gratis. Satu-satunya biaya yang terlibat adalah biaya waktu Anda.


Identifikasi Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan dan Prospek


Setelah Anda hadir di media sosial, bisnis Anda dapat terhubung dan tetap berhubungan dengan pelanggan untuk mengidentifikasi keinginan, kebutuhan, dan masalah- dan mengomunikasikan solusi Anda. Ajukan pertanyaan untuk mengetahui apa yang dicari pelanggan. Buat forum di halaman penggemar Facebook Anda agar penggemar dapat mengutarakan pendapat mereka tentang suka dan tidak suka. Karena ruang terbatas di situs media sosial (terutama Twitter) ketika Anda membutuhkan informasi lebih rinci, buat survei dan kuesioner dengan alat gratis seperti Zoomerang atau Survey Monkey dan cukup posting tautan di situs media sosial yang meminta orang untuk mengikuti survei.


Digunakan dengan alat survei, media sosial adalah tempat yang tepat untuk melihat tren dan mendapatkan umpan balik dari pelanggan dan pelanggan potensial. Kiat bonus- jika Anda ingin mendapatkan gambaran pasar yang lebih besar dengan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan pesaing Anda, periksa situs pesaing Anda. Ikuti mereka di Twitter dan bergabunglah dengan halaman Fan mereka. Mendaftar untuk email mereka. Ini adalah cara yang baik untuk menangkap tren dan mendapatkan ide untuk penawaran produk atau layanan baru. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengetahui bagaimana Anda dibandingkan dengan pesaing Anda sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana membedakan diri Anda lebih jauh dari mereka.


Mendengarkan


Manfaat utama ketiga adalah Anda dapat memantau apa yang dikatakan pelanggan Anda dan orang lain tentang merek Anda. Situs seperti Yelp memungkinkan pelanggan memposting ulasan bisnis. Anda dapat menggunakan Yelp dan situs serupa untuk mencari tahu apa yang dikatakan tentang perusahaan atau merek Anda dan merespons melalui media sosial. Faktanya, beberapa perusahaan menggunakan Twitter sebagai platform dukungan pelanggan karena kemudahan penggunaan dan pembaruan waktu nyata.


Demikian juga, Anda dapat memantau apa yang dikatakan pelanggan Anda dan orang lain tentang merek pesaing Anda. Jenis percakapan ini biasanya dilakukan di luar jangkauan pendengaran pemilik dan manajer bisnis. Jarang mereka tahu apa yang dikatakan pelanggan tentang mereka - baik atau buruk. Namun sekarang, dengan begitu banyak yang menyampaikan pemikiran, keluhan, dan komentar mereka secara online, kami memiliki hak istimewa untuk dapat "mendengarkan" percakapan ini dan menanggapinya dengan tepat.


Tingkatkan Eksposur Online


Manfaat utama keempat dari media sosial adalah meningkatkan eksposur online Anda. Mesin pencari Google dan Bing mengambil posting dan pembaruan Facebook dan Twitter dan memasukkannya ke dalam hasil pencarian. Jika situs web Anda direferensikan di profil Facebook atau Twitter Anda (dan seharusnya) orang yang mengunjungi profil Anda dapat melihat dan mengklik tautan situs web Anda dan dibawa langsung ke situs web bisnis Anda, meningkatkan lalu lintas Anda secara langsung.


Secara tidak langsung, pencarian ini memberikan perhatian ekstra pada nama bisnis Anda, nama Anda, dan/atau nama merek Anda sehingga meningkatkan eksposur Anda. Selain itu, tautan dari situs media sosial kembali ke situs web organisasi Anda sering kali meningkatkan peringkat halaman situs web Anda dengan dikaitkan dengan situs web terkenal dan tepercaya seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Merchant Circle. Seperti dorongan instan dalam kredibilitas atau kesejukan yang didapat anak-anak sekolah menengah kutu buku ketika seorang anggota dari kerumunan keren menerimanya ke dalam kelompoknya.


Hasilkan Lalu Lintas Bertarget


Manfaat terkait adalah bisnis dan organisasi lain dapat menghasilkan lalu lintas ke situs web, blog, atau acara mereka- dengan memposting informasi dan tautan yang relevan ke situs web, blog, dll. langsung di pos media sosial mereka. Twitter adalah alat yang hebat untuk ini dan saya menggunakan ini bila perlu. Tidak setiap pos dapat berisi tautan ke barang Anda atau steker untuk itu atau Anda tidak akan memiliki penggemar dan pengikut untuk waktu yang lama.